Daftar Jenis Genre Dalam Sebuah Musik Lagu

Genre atau jenis musik dalam sebuah lagu ialah pengelompokan musik yang sesuai atau serupa satu sama lain, baik berdasarkan kriteria seperti teknik musik, gaya, konteks, tema, serta geografi dalam sebuah musik. Musik sendiri merupakan salah satu cabang seni yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Musik sendiri menjadi sebuah media dalam penyampaian ekspresi perasaan yang sedang dirasakan. Jenis-jenis muik populer sendiri antara lain Jazz, Blues, Rock, Funk, Metal, Gospel, Country, Dangdut, Pop, dan masih banyak lagi. Untuk lebih mengenal jenis-jenis musik baik musik klasik, populer serta tradisional. Yuk, simak lengkapnya berikut ini.

Jenis-Jenis Musik Dalam Sebuah Lagu

1. Musik Lagu Klasik

Musik dalam sebuah lagu yang biasanya berisikan klasik Eropa, Persia, India, dan lain sebagainya. Musik ini sendiri terdiri dari beberapa periode, diantaranya adalah barok, klasik, dan juga romantik. Musik klasik ini memiliki istilah yang luas mengacu pada tradisi kesenian Barat, musik Kristiani, dan Orchestra yang berada di abad ke-9 hingga ke-21.

2. Musik Lagu Populer

Selanjutnya adalah jenis musik lagu yang sangat digemari masyarakat awam. Dimana jenis musik ini sesuai dengan keadaan zaman saat ini. Jenis musik yang ada dalam lagu populer ini ialah seperti:

  • Jazz

Jenis musik dalam sebuah lagu yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band. Musik ini juga pertama kali di Amerika dengan menggabungkan beberapa alat musik yang mengahsilkan bunyi yang baru. Dimana orang menyukai musik ini karena memiliki nilai elegan serta berkelas.

  • Gospel

Gospel merupakan genre musik pada lagu yang didominasi oelh suara vokal yang biasanya diperkenalkan dalam acara ibadah umat Kristiani. Musisi yang benar-benar menggunakan aliran musik gospel contohnya Israel Houghton. Di Indonesia sendiri musik gospel ini beraliran pop dan rock yang dipopulerkan oleh musisi Franky Sihombing, Giving My Best, Nikita, True Worshippers, dan lainnya.

  • Blues

Selanjutnya adalah Blues yang berasal dari masyarakat Afrika-Amerika yang berkembang dari musik Afrika Barat. Musik ini mulai dikenal di dunia pada tahun 1910 yang mana diciptakan untuk menggunakan perasaan emosional. Jenis ini kemudian mempengaruhi banyak genre musik pop saat ini, termasuk ragtime, jazz, big bandm rhythm and blues, rock and roll dan lain sebagainya.

  • RnB

RnB merupakan singkatan Rhythym and Blues yang dihasilkan dari perpaduan musik jazz, blues, gospel dan juga pop. Musik ini pertama kali dikenalkan oleh masyarakat Afrika pada tahun 1940-an. Musik ini mudah diterima banyak kalangan karena nyaman didengarkan.

  • Rock

Musik ini banyak digemari dimana jenis mulai dikenal pada tahun 1940-an yang semakin berkembang hingga sekarang ini seperti adanya progressive rock, hard rock, alternative rock, dan lain sebagainya.

3. Genre Musik Tradisional

Musik tradisional terdiri dari berbagai musik seperti:

  • Country

Musik yang dipengaruhi blues yang berkembang dari Amerika kulit putih terutama di kota Nashville.

  • Dangdut

Selanjutnya adalah sebuah musik yang berasal dari Indonesia, di mana musik ini memiliki nuansa India serta Melayu. Pada awalnya, musik ini dianggap sebagai musik kalangan menengah ke bawah.

Nah itu dia beberapa jensi genre musik dalam sebuah lagu yang ada di kancah dunia industri musik. Sekain artikel ini kami sampaikan smeoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan mengenai musik dalam sebuah lagu, ya sobat.

Leave a Comment